Rabu, 22 Desember 2010

Bingung…apa itu SEO?

Awalnya saya juga merasa sangat bingung dengan SEO, teman-teman saya sering membicarakan tentang SEO. Karena hal itu saya mencari penjelasan tentang SEO dan menanyakannya dengan om google. Disini saya mendapat berbagai definisi tentang SEO dari berbagai sumber diantaranya dari web ensiklopedia bebas yakni wikipedia.
Menurut situs ini, SEO (Search Engine Optimization)/optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Selain itu, dari sumber lain menginformasikan bahwa SEO adalah tehnik atau metode menaikkan hasil pencarian pada search engine supaya mendapatkan ranking teratas pada setiap keyword atau kata kunci yang di inginkan. kenapa banyak dari kita beramai-ramaibelajar SEO, mempelajari tehnik SEO dan mendalami metode SEO? Jawabanya tidak lain dan tidak bukan adalah karena SEO itu merupakan cara termurah dalam melakukan pemasaran di internet atau yang biasa kita kenal dengan internet marketing.
SEO merupakan sebuah proses pemilihan frasa kata kunci yang paling cocok dan paling berhubungan dengan situs Anda serta memastikan peringkat situs Anda agar tetap teratas dalam mesin pencari sehingga saat seseorang mencari frasa tertentu, situs Andalah yang teratas. mesin pencari yang paling populer adalah GOOGLE, YAHOO, MSN SEARCH, AOL dan ASK JEEVES. mesin pencari merahasiakan metode dan algoritma peringkatnya, untuk menambahkan dalam pencarian suatu hsil pencarian yang paling berhubungan dan mencari suatu spam dari hasil tersebut. Mesin pencari menggunakan ratusan faktor saat mengurut daftar di mana faktor tersebut dan data yang dibawa mungkin bisa berubah-ubah. Algoritma ini berbeda-beda tergantung dari mesin pencarinya. Sebuah link yang sederhana dari sebuah situs yang dibangun dengan profesional akan mendapatkan kunjungan dari mesin pencari dan mulai dilihat isinya. butuh waktu beberapa hari bagi semua robot mesin pencari ini untuk menyerahkan link tersebut dan memulai kunjungan serta mengurutkan situs baru.
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari mesin pencari. Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:
§         Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
§         Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.
            Tokoh-tokoh SEO terkemuka seperti :

·         Danny Sullivan

Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.

·         Matt Cutts

Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.

·         Vannesa Fox

Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.

0 komentar

Posts a comment

Situs Warta. Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2011 Situs Warta
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top