Jumat, 01 April 2011

Tips Merawat Baterai Li-ion (Lithium-ion) pada Laptop/Ponsel

Ponsel, laptop dan hampir semua konsumen perangkat elektronik menggunakan baterai isi ulang atau baterai Lithium-ion. Memang sulit untuk menghilangkan kebiasaan lama, seperti meninggalkan laptop/ponsel sambil dicharge terlalu lama hingga sudah full pun masih dicharge. Kebiasaan itu hendaknya dirubah, terus bagaimana cara merawatnya supaya awet?
Tipe baterai ini tak lagi memiliki memory effect. Jadi anda bisa mengisi ulangnya tanpa menunggu baterai habis. Baterai Li-Ion memiliki "life circle" (siklus hidup) yang lebih pendek. Bahkan apabila dicas berlebihan akan menurunkan kemampuan baterai ini. Anda mungkin pernah atau bahkan sering mendengar istilah "memory effect". Efek memori hanya terjadi pada baterai ponsel jenis NiCad dan NiMH. Gambaran singkatnya sebagai berikut jika setiap anda mengisi baterai hanya sebesar 60%, maka suatu saat baterai akan lupa bahwa masih ada ruang sebesar 40% yang belum terisi. Baterai akan menganggap 60% adalah 100% alias baterai terisi penuh. Rugi bukan?
Namun jangan takut efek memori tersebut hanya terjadi pada tipe baterai lama seperti NiCad dan NiMH.
Tehnik lama cara pengisian baterai tidak berlaku di sini, jadi lupakan saja segala hal yang Anda tahu. Ada beberapa cara bagaimana Anda seharusnya menggunakan baterai Li-ion:
  • Jangan biarkan bekerja sepenuhnya sepanjang waktu. Kendalikan penggunaaannya, jangan sering men-charge baterai.
  • Jangan menyimpan baterai Li-ion terisi penuh sepanjang waktu. Jika Anda tidak menggunakan baterai Anda, mungkin menderita kerugian dari kapasitas.
  • Jauhkan baterai pada suhu dingin atau pada suhu yang teramat panas, tidak baik untuk itu.
  • Jika Anda akan menyimpan baterai Anda, biarkan tersisa 40% -50% charge dan menyimpannya di tempat yang dingin.
  • Jaga jangan sampai baterai terjatuh atau terkena benturan dengan keras karena akan merusak fisik baterai.
  • Matikan ponsel terlebih dahulu sebelum melepas baterai. Langkah ini sering diabaikan oleh kita. Jika anda melakukannya performa baterai bisa turun drastis.
  • Jangan meletakkan baterai di bawah sinar matahari langsung.
  • Jangan sampai baterai melakukan kontak dengan benda-benda metal, terutama pada bagian konektor karena akan menimbulkan arus pendek.
Pada ponsel, ada beberapa tips untuk menghemat konsumsi baterai seperti :
  • Matikan bunyi-bunyian yang tak perlu seperti bunyi keypad, kamera, bunyi flip saat dibuka.
  • Jangan gunakan mode getar terlalu lama. Vibrator ponsel mengkonsumsi daya lumayan banyak. Lebih baik gunakan volume ringtone yang lebih kecil jika anda sedang rapat atau pertemuan. Atau gunakan mode silent/sunyi.
  • Atur backlight ponsel anda jika tidak sedang digunakan. Misalkan atur backlight agar mati setelah 10 menit ponsel tak anda sentuh.
Dengan mengetahui cara merawat baterai Li-ion yang baik, niscaya usia baterai tersebut menjadi lebih panjang dan awet.

2 komentar:

  1. nice info banget..
    dan sepertinya saya tergolong pengguna yg baik nich
    karena tips2 diatas udah saya kerjakan hehe

    BalasHapus
  2. Hehe..Thankz dah berkunjung ke sini...

    BalasHapus