Jumat, 11 Februari 2011

Mari Berkenalan dengan Joomla!

            Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang salah satu CMS yakni Joomla. Joomla adalah sebuah CMS (Content Managemen System) yang dapat digunankan oleh siapa saja untuk keperluan pembuatan website, mulai dari yang sangat sederhana sampai dengan website yang sangat kompleks. Berikut beberapa jenis website yang dapat dibangun dengan Joomla:
1. Website corporate atau portal
2. Website e-commerce
3. Website untuk perusahaan kecil
4. Website untuk organisasi Non-profit
5. Website untuk Pemerintah
6. Website untuk keperluan internet
7. Website untuk sekolah dan Perguruan Tinggi
8. Website Pribadi atau blog
9. Website untuk komunitas dan portal
10. Website untuk majalah, koran, dan tabloid
11. Dan masih banyak lagi……
Begitu banyak aplikasi yang dapt ditangani oleh Joomla, tak heran kalau Joomla menjadi pilihan banyak orang dalam pembuatan website-nya. Di samping itu, Joomla juga mudah di installasi, mudah dalam pengelolaannya dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan kita. Oleh karaen itu Joomla mempunyai prinsip, fleksibel, simple, elegant, customizable, dan powerful.
Joomla merupakan pengembangan dari open source project Mambo, yang dahulu sering disebut sebagai Mambo Open Source atau MOS. Mambo sebenarnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Miro. Miro memberikannya kepada komunitas open source (komunitas pengembang) sebuah variant WCMS yang gratis untuk dikembankan. Setelah menyerahkannyapada komunitas, MOS berkembang dengan baik.
Pada bulan Agustus 2005 terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas pengembang MOS dengan MIRO. Akibat perbedaan prinsip ini, beberapa orang tim MOS keluar dari project tersebut dan akhirnya membentuk project open source baru yang diberi nama Joomla. Kata Joomla sendiri diambil dari kata Jumla, bahasa Suaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di benua Afrika yang berarti “all this together”.
Pada tanggal 17 September 2005, dirilis Joomla versi 1.0.0. Versi ini merupakan versi alias dari Mambo versi 4.5.3. dan sampai saat ini versi Joomla sudah 1.6.0. Joomla secara terus menerus dikembangkan melalui berbagai aktivitas oleh komunitas yang sangat aktif.
Sekian dulu perkenalan tentang joomla, saya akan lanjutkan pada tutorial berikutnya untuk lebih lanjut mengenal tentang Joomla.

0 komentar

Posts a comment

Situs Warta. Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2011 Situs Warta
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top